ENTASKAN PENGANGGURAN DISPERINDAG ADAKAN JOB FAIR KE 2 KALINYA

Pemerintah Kabupaten Ngawi menggandeng Dinas Perdagangan Perisdustrian dan Tenaga kerja (Disperindag) menggelar Job Fair sebagai salah satu upaya untuk mengentaskan permasalahan pengangguran di Kabupaten Ngawi. Mereka menyediakan sebanyak 3.487 lowongan kerja dari berbagai jenjang lulusan pendidikan.

Kegiatan Job Fair ini menjadi salah satu bursa kerja yang dilaksanakan setiap tahun. Tahun ini dilaksanakan selama dua hari mulai hari ini Rabu (25/9/2019) sampai dengan Kamis (26/9/2019) di Pendopo wedya graha kabupaten ngawi.

Selain membantu pencari kerja, Job Fair ini juga untuk membantu perusahaan dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anggaran.

Yusuf rosadi selaku kepala Disperindag kabupaten ngawi mengatakan "Job fair tahun ini beda dengan job fair tahun lalu,di tahun ini kita memberi nama dengan "job fair plus" yang dimana kemasannya kita menggabungkan 2 unsur Yaitu Insurance dan Investment,Job fair ini bertujuan memberikan informasi lowongan pekerjaan serta mengurangi angka pengangguran di kabupaten ngawi."Cetusnya



Job fair ini di ikuti 40 perusahaan lokal kabupaten ngawi maupun perusahaan bersekala nasional,dalam acara ini ada 7 intansi penunjang yaitu dispendukcapil, perpustakaan,perijinan,dinas kesehatan,disnaker kebupaten ngawi, samsat kabupaten ngawi.

Yusuf menambahkan "Job fair tahun ini kami sekaligus meloncingkan inovasi publik yang berkaitan dengan lowongan pekerjaan, di job fair tahun 2018 kita memiliki satgas arjuna,yang kita bentuk setiap desa ada 1 orang laki laki yang memiliki tugas menyampaikan lowongan pekerjaan kepada masayarakat luas,Di job fair tahun 2019 ini kita membentuk duta srikandi yang dimana tugasnya sama dengan satgas arjuna dan di harapkan mampu menyelesaikan masalah pengangguran khusunya di kabupaten ngawi."Tambah yusuf

Kegiatan Job Fair ini diharapkan dapat menjembatani permasalahan yang muncul agar pencari kerja bisa terserap dalam lapangan kerja yang ada.

Di tempat yang berbeda Dwi rianto jatmiko selaku ketua DPRD Kabupaten ngawi menjelaskan "Job fair ini Merupakan trobosan dari pemerintah kabupaten (Pemkab) dalam rangka untuk membuka ruang peluang yang secara umum terintregasi, jadi kita memfasilitasi mengundang perusahaan yang memiliki peluang terhadap pekerjaan,turut serta untuk menurunkan angka pengangguran di kabupaten ngawi,"Saya mengapresiasi kegiatan job fair seperti ini karena memudahkan bagi pelamar pekerjaan yang hanya datang ke satu tempat bisa sekaligus interview dan melamar di perusahaan-perusahaan yang ada, Jadi lebih efisiensi.Terang Jatmiko


Budi sulistyono selaku Bupati ngawi juga berpesan "Kesempatan kerja ini terbatas, sehingga kegiatan ini di harapnya mampu menyelesaikan masalah pengangguran serta untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera," terangnya usai membuka resmi Job Fair.

Salah satu pencari kerja Annisa mengaku sangat senang dengan adanya bursa kerja seperti ini. Kebetulan dia menganggur setelah kontrak kerja di salah satu perusahaan di Jawa Timur berakhir.

Dia sengaja datang dengan teman-temannya untuk mencari lowongan kerja yang sesuai. "Ini lagi menganggur dan sedang mencari kerja. Mudah-mudahan ada yang sesuai," ujarnya.(Misingawi)

Komentar